5 Olahan Daging Favorit Saat Idul Adha

Momen hari raya Idul Adha diperingati dengan melakukan sholat Ied dan memotong hewan kurban.

Tak lupa, sebagai pelengkap, ketupat menjadi makanan yang tak terlepas dari sebuah perayaan hari raya umat Muslim. Biasanya, jika malas memasak, ketupat dipesan  via agen catering jakarta

Ketupat dengan berbagai tambahan hidangan aneka daging kurban, baik sapi maupun kambing, pasti terasa lebih enak dan sedap. Ditambah lagi dengan kebersamaan saat Idul Adha, makanan pasti terasa lebih lezat.
Mengutip berbagai sumber, berikut olahan tradisional dari daging kambing atau sapi yang bisa Anda olah sendiri di rumah, atau pesan di vendor catering prasmanan.


Lima makanan ini juga menjadi favorit hidangan dan cocok dimasak saat Hari Raya Idul Adha.


1. Gulai
Gulai menjadi salah satu makanan favorit saat Idul Adha. Gulai adalah makanan berbahan dasar daging sapi atau kambing yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit, lada, ketumbar, bawang merah dan putih, pala, serai, jinten, dan kayu manis yang dihaluskan. Selain itu, gulai juga dimasak dengan santan dan berwarna kuning hasil dari sari kunyit yang diolah.

2. Rendang
Masakan khas Sumatera Barat ini sering dijumpai di saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, makanan terenak versi CNN ini ternyata juga populer saat Idul Adha. Rendang memiliki cita rasa yang gurih dan juga pedas.

Siapa yang bisa menolak lezat dn aroma rempah dari daging sapi yang direbus berjam-jam?


3. Tongseng
Tongseng hampir sama seperti gulai, berbahan dasar dari daging sapi atau kambing dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah. Hanya saja, tongseng tak ditambahkan santan seperti gulai.

Namun, kuah tongseng lebih kental dan dagingnya pun biasanya masih melekat dengan tulang seperti iga. Tongseng akan lebih nikmat jika ditambah dengan kol, tomat dan lada.

4. Sate
Sate bisa menjadi makanan alternatif jika Anda bosan dengan makanan berkuah santan. Anda bisa mengolah daging sapi dan kambing dari hasil kurban dengan memasak sate yang empuk. Sate merupakan salah satu olahan yang paling sering jadi menu catering kantoran.

Membuat sate terbilang lebih mudah karena tak butuh bumbu yang rumit. Dagingnya sendiri tak perlu dibumbui saat ditusuk. Bumbu bisa ditambahkan ketika membuat saus kacang atau kecap pedas.


5. Krengseng Kambing
Masakan khas Jawa Timur ini memiliki aroma khas. Di beberapa daerah, krengsegan ini juga punya resep yang berbeda. Ada yang ditambahkan petis dan ada yang tak pakai petis.

Kuahnya pun terbilang minim dibanding dengan gulai atau tongseng.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment